KPOP DAN BUNUH DIRI

06.31


Bukan sebuah rahasia lagi jika persaingan di dunia industri entertainment Korea bisa dibilang sangat gila. Bagaimana tidak, mereka harus tampil sempurna di setiap waktu, harus kelihatan cantik dan ganteng setiap saat, harus tersenyum dalam keadaan apapun. Untuk menjadi idol saja mereka harus mengikuti progam pelatihan/trainee sejak masa kanak-kanak. Untuk durasi, sebenarnya tergantung bakat dan luck. Contohnya Jihyo Twice yang menghabiskan masa pelatihan selama ± 10 tahun sedangkan Eunji A-Pink tak sampai setahun. Hal yang paling terburuk adalah tak ada jaminan bahwa setelah ikut trainee akan menjadi idol. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang yang telah ikut trainee bertahun-tahun tapi gagal debut, di antaranya : Kemampuan si A dirasa kurang, tidak punya charming point, tak ada dana (biasanya untuk perusahaan kecil), dikeluarkan karena alasan tertentu. Ada juga yang berhasil debut tapi setelah itu dibubarkan/disband.
Menjadi idol di Korea Selatan dituntut untuk sempurna, bisa nyanyi, menari, akting, MC, dan lain-lain. Tidak semua bisa menyanyi bagus, biasanya mereka yang tidak bisa menyanyi harus punya talent lain yang mampu menopang ke-existence misal punya bakat di bidang variety show, MC, dll. Namun ada juga yang tidak bisa sama sekali, menyanyi, menari atau melakukan yang lain. Namun dia punya sisi charming yang membuat orang-orang suka. Misal Sana Twice. Dari segi menyanyi atau menari, bisa dibilang dia biasa saja namun karena dia cantik dan punya charming point, dia terkenal sekali bahkan sampai ada tagline “No Sana No Life”. Para idols juga dituntut untuk good looking, kalau tidak, siap-siap dibash sama Korean Netizen (Knetz).
Isu mengenai ketatnya persaingan di Kpop dan tingginya angka mental illness diantara para idols muncul ketika terdapat berita duka dari salah satu vokalis terbaik Kpop, Jonghyun SHINee. Seminggu lalu ia ditemukan menghirup gas beracun secara sengaja (bunuh diri) di apartemen yang disewa selama dua hari. Super kaget karena Jonghyun itu cheerful dan selalu terlihat bersemangat. I was in denial since who thought a bright person like Jonghyun decided to kill himself due to the depression and loneliness. Kabarnya dia merasa depresi berat dan kesepian. Dia merasa depresi karena tak bisa membuat musik yang bagus sehingga ia merasa kurang bertalenta. Di saat ia merasa depresi, tak ada teman-teman yang mendampingi padahal dia memberikan isyarat lewat IG story bahwa ia merasa kesepian. Tak sanggup lagi, ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Padahal nih ya, Jonghyun itu salah satu musisi berbakat di Kpop, lagu-lagu ciptannya juga banyak yang bagus, salah satunya Breathe yang dinyanyikan oleh Lee Hi.
Reaksi atas kematian Jonghyun beragama, dari yang ikut berduka sampai ada yang menyindir. Setelah kabar kematian itu, beberapa fans SHINee dikabarkan ikut bunuh diri, salah satunya dari Indonesia. Menurut saya ini konyol dan sangat berlebihan, I mean hidup bukan hanya sekadar tentang Kpop. Ada orang tua, sahabat, teman, saudara. Tidakkah kalian memikirkan mereka yang benar-benar nyata dalam kehidupan kalian? Sedih boleh tapi jangan berlebihan, Jonghyun juga pasti tidak suka melihat fansnya ikut bunuh diri. Ada beberapa Indonesian Netizen yang menyindir bahwa orang-orang peduli terhadap satu orang penyanyi yang melakukan bunuh diri ketimbang peduli dengan saudara-saudara di Palestina yang menjadi korban perang. Saya sebenarnya setuju bahwa kita orang Indonesia, terutama Muslim terkadang salah prioritas. Namun dengan melihat hype Kpop wave jadi saya juga agak maklum. Sisi positifnya adalah para fans SHINee yang disebut Shawol menjawab kritis itu dengan melakukan donasi atas nama Jonghyun untuk Orang Palestina. Great idea tapi semoga ini tidak berhenti sampai di sini saja dan untuk ke depan bisa melakukan penggalangan dana lagi. Terutama niatnya agar diluruskan untuk membantu teman-teman di Palestina, bukan hanya sekadar menjawab kritik. 
Ada juga yang berkomentar seperti “Gitu aja bunuh diri. Bunuh diri kan dosa”. Hmmmmmm begini ya, semua orang tahu jika bunuh diri itu dosa, untuk orang beragama maupun tidak, semua tidak ada yang mau untuk bunuh diri. Bunuh diri itu sakit loh secara kalian harus mematikan organ di tubuh. Kita tidak pernah tahu seberat apa penderitaan seseorang. Kita mungkin tahu seseorang dari kulit luarnya saja, tanpa tahu apa masalah yang ada dalam pikirannya. Misalnya kasus Jonghyun ya dengan masalah yang kita tahu ia hadapi adalah masalah musik dan kesepian, tapi apakah hanya itu masalahnya? Dan ketika kita berada pada posisi Jonghyun, apakah kita bisa kuat dan tidak bunuh diri? Kita tidak ada yang tahu. Bukan berarti saya setuju dengan bunuh diri, saya tak pernah setuju namun jika ada kabar bunuh diri, alangkah baiknya jika kita ikut berduka dan menganggapnya sebagai pelajaran, bukan malah menjelek-jelekkan. Cukup Sang Pemilik Dunia yang boleh menghakimi hambanya, bukan kita.
Jonghyun selama ini sangat jago dalam menyembunyikan kesedihan di publik. Coba lihat aktivitas SHINee, dia tak pernah terlihat sedih. Dia selalu ceria. Mungkin ini adalah sebuah pelajaran bahwa seseorang yang terlihat ceria terkadang dalam hatinya tidak seceria itu. Bisa juga ia menyembunyikan kesedihan dengan pura-pura terlihat bahagia.
Tak hanya Jonghyun, ada beberapa artist Kpop yang memutuskan untuk bunuh diri, seperti Lee Eun Joo, Park Yong Ha, Jang Ja Yeon, Sojin, dll. Berdasarkan beberapa sumber, penyebab depresi yang menyebabkan bunuh diri di antaranya :
1.      Menjadi budak kontrak kerja
2.      Pelecehan
3.      Antis yang mungkin bisa membunuh
4.      Sasaeng/penggemar kelewat gila
5.      Super sibuk
6.      Diet gila-gilaan
7.      Harus selalu tampil sempurna
8.      Tekanan publik

Sebenarnya saya ingin menceritakan sisi gelap dunia industri Korea tapi saya sendiri tidak sanggup. Cukup ini saja informasi yang bisa saya berikan. Dan kita tetap bersyukur dengan hidup kita sekarang dan jangan lupa selalu menyakan kabar terhadap orang-orang di sekitarmu. Ada satu quote sedih dari kematian Jonghyun kemarin bahwa “Melakukan bunuh diri bukanlah untuk mengakhiri hidup, tapi untuk mengakhiri penderitaan” ;( Rest in Peace Jonghyun.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Promo Bonus: UANG TUNAI

    - Bonus UANG TUNAI Extra 10% (New Member)

    - Bonus UANG TUNAI Extra 5% (Setiap harinya)

    - Bonus UANG TUNAI RakeBack Tanpa Minimal T.O (HOT Promo)

    - BONUS SAHUR UANG TUNAI
    Bonus Sahur Khusus di jam 03.00 s/d 06.00

    - BONUS NGABUBURIT UANG TUNAI
    Bonus Ngabuburit Khusus di jam 17.30 s/d 20.30
    WhastApp : 0812-9608-9061

    Lnk : WWW. POKERAYAM. TOP

    BalasHapus
  2. langsung bisa coba dahulu dengan nominal deposit Rp 10.000,-kamu tidak akan menyesal bergabung dengan VITAPOKER. Selamat Bergabung dan Salam Jackpot !


    Promo Terbaru Poker Online – Promo Menjelang Ramadhan Pokervita 1440 Hijriah
    KLIK SINI LANGSUNG!!!


    Informasi Lebih Lanjut:
    | Whatsapp : +62 812-222-2996
    |lINK KAMI di : WWW.POKERVITA.VIP

    BalasHapus