NYOBAIN SKINCARE, PENTINGKAH?

21.46


Ini adalah pertama kali aku coba pakai skincare rutin. Dulu juga pernah tapi masih seputar pembersih sama penyegar saja. Mungkin karena hype nya yang luar biasa, jadi penasaran. Dan faktor yang terpenting adalah kulit wajahku sudah tak tertolong. I was in a phase when I was that scared of seeing my face in the mirror. Ugly. Ya, seperti itulah tingkat keparahan wajahku. Aku memang tipe yang cuek, yang penting nggak jelek-jelek banget. Waktu kuliah, aku cuma pakai BB cream sama bedak March yang harganya kurang dari 10 ribu. Sewaktu awal kerja, ketemu sama teman kerja yang suka pakai skincare tapi melihat harganya yang Naudzubillah aku memutuskan untuk manggut-manggut saja. Tapi karena faktor ketularan tadi, aku jadi tertarik. FYI, sebelumnya aku pakai skincare dari dokter. Entah, kenapa wajahku nggak berubah-berubah ya? Antara nggak cocok atau akunya yang kurang rajin bersihin wajah (kayaknya faktor yang kedua hahaha). Kulepas skincare dari dokter dan mencoba beli skincare di pasaran saja. Awalnya merek lokal seperti Wardah, Acne, dan lain-lain. Wajahku tambah parah karena dari segi pekerjaan (sudah pindah kerja) tidak mengizinkan aku pakai apa-apa karena memang perusahaan makanan. Kerja di dalam produksi, capek, dan akhirnya ketiduran dan tidak membersihkan wajah. Itulah awal keparahan kondisi wajahku.
Akhirnya aku browsing-browsing di website kecantikan, testimoni teman2, dan beauty vlogger. Nemu beberapa list skincare (mostly, korean) yang [mungkin] cocok buat kulit wajahku. Sebelumnya, tipe kulit wajahku itu berminyak, acne prone, dan sama berkomedo tingkat dewa. Di dunia perkoreaan, ada 10 steps skincare (Bisa sampe berjuta-juta. I am not that crazy, though). Mengingat kondisi finansial yang tidak memungkinkan, ya akhirnya aku pilih skincare yang penting-penting saja.  Basically, main steps of skincare are cleansing, toning, moisturizing(?) /exfoliating (?), and protecting. Ini adalah foto skincare apa saja yang aku pakai :

As A Whole, these are My Skincare Products

Untuk cleanser, aku pakai dua macam, yaitu Perfect Whip dari Senka dan Clean & Clear essentials foaming facial wash. Untuk cleanser ini, aku belum menemukan yang benar-benar memberi efek yang nyata, seperti mencerahkan kulit atau menghilangkan jerawat. Aku coba macam-macam cleanser merk lokal seperti wardah, Acne, dan lain-lain sampai yang aku pakai sekarang.  Aku beli Perfect Whip karena review dari beberapa beauty vloggers dan ada promo di Sociolla. Beli dua cuma 90 ribu (padahal harga skincare korea itu rata-rata minimal 100 ribu ke atas. Harga normal nya satu botol ± 60.an ribu). Dari segi packaging, lucu warna biru sedang simple. Teksturnya lembut banget, aromanya segar. Tapi gara-gara pori-poriku yang super besar, lotionnya jadi masuk ke pori-pori dan timbullah komedo yang warna putih. Repurchase? Obviously no.  Untuk yang Clean & Clear, di kulitku, dia memberi efek yang lebih bersih daripada si Perfect Whip. Karena dia gel, jadi nggak mudah masuk ke pori-pori. Aroma nya agak aneh, tapi pakai ini setelah scrubbing benar-benar bikin wajah bersih. Harganya sekitar 30-40 ribuan. Repurchase? Hm… try out the other variances, I guess.  
Perfect Whip dan Clan & Clear

Oh iya, untuk make up remover, aku pakai Micellar Water dari Garnier yang warna biru. To be honest since I do not use make up (only apply BB cream and compact powder except for some particular events) I think I do not need it that much. Applying cleanser is enough, I guess but I still use it. I do not know why. However, aku masih coba-coba merk yang lain.


Next is exfoliating. Dari beberapa produk skincare, produk utama yang harus aku beli itu exfoliating karena fungsinya melembutkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Aku nggak terlalu tahu produk exfoliating, akhirnya beli yang paling hit saja, yaitu Neogen Bio peel yang varian lemon. Awalnya pengen beli yang varian green tea (karena ditujukan untuk kulit berjerawat) sedangkan lemon untuk mencerahkan wajah. Tapi karena stock green tea habis, ya sudah lemon saja. Harganya sekitar 260 ribuan kalau nggak salah. Dari segi packaging, besar banget dan berat (secara terbuat dari kaca). Bentuk produknya seperti kasa berbentuk bulat (pad), ada dua sisi, sisi kasar dan sisi lembut. Satu botol isi 30 pad. Sisi kasar dipakai dulu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Lalu direda dengan sisi yang lebih halus. Produk ini dewa banget, habis pakai ini, kulit jadi super lembut. Highly recommended banget pokoknya. Repurchase? Definitely yes. Oh iya, aku pakainya dua kali seminggu. Aku juga pakai scrub dan peeling cream dari Himalaya sama dari viva. Peeling cream dari viva itu kasar banget, harganya coba tebak? Cuma 5000. Just no for me. Kalau yang scrub Himalaya, dia kasar tapi nggak bikin muka sakit dan habis pakai ini, terus pakai Clean & Clear benar-benar bikin muka bersih. Repurchae? Yes untuk Himalaya. Untuk harga Neem Scrub Himalaya itu sekitar 30 ribuan.  


Next is Toner. Awalnya bingung bedanya toner sama pembersih. Kan kalau merk lokal, ada pembersih sama penyegar. Jadi awalnya berniat pakai yang viva cuman entah kenapa kayaknya pengen nyobain yang merk korea. Ada dua toner korea yang aku pengen, yaitu Benton sama Cosrx karena reviewnya bagus-bagus. Tapi akhirnya beli tea tree nya the Body Shop. Ceritanya lagi ke mall, ada store nya the Body Shop. Yah, daripada nunggu shipping lama, mending langsung beli. Dari segi packaging, aku suka banget. Modelnya seperti obat, didominasi warna hijau tua. Sayangnya, tutup nya itu model tube (?) Idk, yang model buka langsung keluar airnya itu. Padahal bakal lebih bagus kalau model pump. Aku agak takut sebenarnya beli skincare mahal yang langsung full size, takut nggak cocok tapi karena sudah di store nya, ya sudahlah. Teksturnya cair banget seperti air. Awal pemakaian bikin panas wajah (langsung panik takut nggak cocok), cuman aku tetap pakai saja. Alhamdulillah ga menimbulkan efek beruntusan atau apa. Aku juga ngerasa bersih banget habis pakai toner ini. Tapi aromanya nggak enak, kayak obat gitu. Repurchase? Maybe but I still want to try Benton and Cosrx first


Next is essence. To be honest, I do not know the function of this product. Cuman dari review beberapa beauty vlogger, toner akan berfungsi lebih baik kalau dipakai dengan essence. Bingunglah diriku karena uang sudah keluar banyak buat beli skincare (fyi, essence ini produk terakhir yang aku dapat setelah produk2 lainnya, jdi maklum duit menipis). Lah kok, teman kos punya essence Wardah. Dia tidak pakai karena bikin kulitnya beruntusan. Dikasihlah ke aku. Alhamduliillah, rejeki anak sholehah. Dari segi packaging, kebanyakan sama seperti essence yang lain, yaitu bening dengan tutup berwarna silver. Aku suka, simple yet elegant. Aku pakai ini, nggak menimbulkan beruntusan untungnya. Teksturnya juga cair, lebih cair dari toner tea tree. Setelah pakai toner terus essence ini, wajah benar-benar terasa bersih banget nget. Repurchase? Still want to try others products, especially Benton snail essence. Oh iya, kata temen kosku, harga essence Wardah ini sekitar 100 ribuan.



Next is sleeping mask. Aku punya tiga macam sleeping mask, yaitu Nature Republic yang Soothing Gel 92%, Water sleeping mask dari Laneige (trial kit), dan sheet mask (Bukan sleeping mask sbenarnya. Tergantung kondisi kulit, ada yang cocok untuk sleeping mask, ada yang tidak cocok. Kebetulan aku cocok). Soothing gel Nat Rep memang tidak usah diragukan, karena hampir semua orang cocok dan review nya bagus. Si Nat Rep ini bikin kulit lembab dan muka kenyal besoknya. Setelah rajin pakai ini, kondisi bekas jerawat mulai memudar tapi pelan-pelan but it’s ok. Efek utama yang aku rasain itu bikin adem wajah dan muka jadi kenyal. Dari segi packaging, gedhe benget juga. Jadi pasti bakal awet. Harganya sekitar 120-130 ribu. Repurchase? Yes. Water sleeping mask dari Laneige, siapa sih yang nggak tahu betapa hype nya produk ini. Aku beli yang trial kit karena /cough harganya Naudzubillah. Aku menyerah. Testimoni dari pemakainya sih, sekali pakai ini wajah besoknya langsung kenyal dan kinclong. Tapi, kalau dari pengalaman pribadiku, efeknya hampir sama seperti Soothing Gel Nat Rep. Cuman baunya seger banget. Teskturnya lembut banget dan adem. Biar tambah adem, bisa masukkan ke kulkas. Dijamin kulit jadi adem. Repurchase? No. Hasil sama seperti Nat Rep dan dari segi harganya lebih masuk akal Nat Rep. Lalu sheet mask. Oh iya, aku pakainya bergantian ya. Jangan langsung ketiganya bareng dan berurutan karena pasti bikin over lembab dan malah muncul beruntusan. Untuk sheet mask, aku pakai yang Tony Moly sama Porec or Orec (?) Karena hasilnya sama saja, literally aku beli yang lebih murah saja. Tapi memang kata beauty vloggers, rata-rata merk sheet mask itu terserah kita, yang penting korea. Aku beli sheet mask Tony Moly sekitar 20 ribu. Kalau yang POREC Cuma 8000. Hasilnya sama saja, jadi aku beli yang murah saja. Sheet mask mending beli langsung banyak, aku beli 20 sheet masks (Gila? Iya emang).

The last is lip sleeping mask nya Laneige, trial kit. Aromanya berry, pengan makan rasanya. Warnanya pink, tekstur padat tapi lembut dan cair. Setelah pakai ini sekitar semingguan, bibirku emang nggak sekering dulu sih, apalagi sekarang Surabaya lagi panas tingkat dewa. Walaupun beli trial size tapi sepertinya awet karena pemakaiannya cuma sedikit. Repurchase? Yes but for trial size again. Can not afford the full size.
So, itu adalah skincare yang aku coba sekarang. Efeknya bikin kulit wajahku lebih sehat yang pasti, lembut, kencang, dan [kata teman] mukaku agak lebih cerah. Investing on skincare is definitely a must karena aku merasakan efeknya ke kulitku yang terlihat bener-bener sehat dan bersih sekarang. Dari semua produk skincare di atas, ada satu produk yang paling menonjol dan cepat berefeknya, yaitu Neogen Bio Peel. It is God tier, like literally a very amazing product. Jadi repurchase Neogen Bio peel itu wajib. Ada beberapa produk yang pengen aku beli, yaitu Toner nya Benton, Cosrx, dan masker skinfood yang rice, dan masker clay Jeju Volcanic. Gantian ya, dananya terbatas. Ada kepuasan tersendiri loh, kalau sudah menemukan skincare yang cocok. Oh iya, I hate when friends said this to me, “Rosa, you are using skincare now? Do you fall in love?” and I am like, “I am using skincare to preserve my skin not because of a guy. End of discussion.” 

You Might Also Like

5 komentar

  1. Selamat siang kak, saya yoga mahasiswa UB 2016, saya melihat kakak magang di PT.Enero ya kak? Rencananya saya ingin pkl di perusahaan tersebut, beberapa kali saya kirim email ke perusahaan tsb belum dibalas, kira kira jika saya ingin menghubungi perusahaan tersebut sebaiknya hubungi kemana ya kak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiiii, sorry for the [very] late reply. Coba cek website nya ya

      Hapus
  2. Promo Bonus: UANG TUNAI

    - Bonus UANG TUNAI Extra 10% (New Member)

    - Bonus UANG TUNAI Extra 5% (Setiap harinya)

    - Bonus UANG TUNAI RakeBack Tanpa Minimal T.O (HOT Promo)

    - BONUS SAHUR UANG TUNAI
    Bonus Sahur Khusus di jam 03.00 s/d 06.00

    - BONUS NGABUBURIT UANG TUNAI
    Bonus Ngabuburit Khusus di jam 17.30 s/d 20.30
    WhastApp : 0812-9608-9061

    Lnk : WWW. POKERAYAM. TOP

    BalasHapus
  3. langsung bisa coba dahulu dengan nominal deposit Rp 10.000,-kamu tidak akan menyesal bergabung dengan VITAPOKER. Selamat Bergabung dan Salam Jackpot !


    Promo Terbaru Poker Online – Promo Menjelang Ramadhan Pokervita 1440 Hijriah
    KLIK SINI LANGSUNG!!!


    Informasi Lebih Lanjut:
    | Whatsapp : +62 812-222-2996
    |lINK KAMI di : WWW.POKERVITA.VIP

    BalasHapus