REKOMENDASI YOUTUBE CHANNEL UNTUK BELAJAR AGAMA ISLAM

07.46

Setelah lulus kuliah, I feel like I am so eager to learn more about my religion, Islam. Padahal saat kuliah, saya ikut organisasi keislaman di Fakultas. Mungkin dulu tak begitu tertarik, karena kesibukan kuliah (Karena saya sok sibuk). Mungkin karena faktor kedewasaan juga dan apa ya saya merasa lebih penasaran aja tentang hidup, kayak kenapa saya harus hidup, tujuan hidup, dan hidup saya sekarang benar nggak, agama saya benar atau nggak, dll. Intinya masih masih labil. Ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu. Jadi awal saya merasa sangat bersemangat mengikuti kajian via youtube itu gara-gara ingin tahu kisah hidup Rasulullah SAW atau Sirah Nabawiyah. Pas ketik di youtube tentang Sirah Nabawiyah, muncullah channel Ust. Khalid Basalamah. When I once heard his speech, I feel so calm and did not feel boring at all like I was always be? Ceramahnya beliau itu tegas, selalu berpegang teguh pada Al-Quran dan As-Sunnah, lancar, masuk akal, dan topik-topiknya bagus. Sejak saat itu, saya langsung ketagihan dan terus-menerus ingin mendengarkan ceramah beliau. Setelah tahu kajian Sunnah, apa yang dulu saya pikir dan tanyakan, seolah-olah sudah terjawab. Misalnya konsep tentang ajal. Dulu sempat takut naik pesawat karena dengan pemberitaan di media yang menyiarkan banyaknya kejadian kecelakaan pesawat. Jadi mikirnya, ya sudah naik kendaraan darat saja. Ternyata sesuatu itu punya ajal, jikapun seseorang meninggal di pesawat karena kecelakaan, maka berarti memang ajalnya sudah menjeput. Kalaupun hari itu ia tidak naik pesawat, pasti dia akan meninggal, entah dengan cara apa karena ajalnya sudah tiba. Jika ajal belum tiba, walaupun terjadi kecelakaan pesawat, pasti dia hidup karena memang itu belum ajalnya. Intinya seperti itulah. Ini bisa excuse pas saya ngerusakan barang di rumah, hahahaha. "Barang juga punya ajal, kalau ini rusak, berarti ajalnya tiba bukan karena saya." Secara saya dijuluki tangan penghancur di rumah. Kalau kata teman itu, tangan saya punya kelebihan tenaga dalam. 
Langsung ke point ya, saya punya beberapa ulama favorit di Indonesia maupun di luar Indonesia. Ini adalaf daftar-daftarnya sekaligus link youtube channelnya:
a. Ust. Khalid Basalamah https://www.youtube.com/user/khalidbasalamah Ust Khalid pembawannya tenang banget, tegas, tidak banyak humor (saya tidak suka dengan beberapa ustadz yang banyak humor dalam ceramah). Dari ratusan ceramah beliau, yang paling saya suka adalah “Kenalilah Tuhanmu, Maka Engkau akan Bahagia part (2)” dan “Dahsyatnya Doa”. Very recommended. Maaf untuk ulama Indonesia, saya hanya suka Ust. Khalid jadi saya hanya bisa merekomendasikan itu. Sempat mendengarkan Aa Gym, Ust. Yusuf Mansyur, Ust (lupa nama-namanya, ingetnya Ust. Yusuf Mansyur sama Aa Gym karena mereka kan cukup terkenal). Intinya dari beberapa ustadz yang saya tonton, Ust Khalid yang paling saya suka ceramahnya. Kata teman, ada juga yang bagus, namanya Ust. Syafieq Riza Basalamah cuman saya belum pernah nonton. Mungkin bisa dicoba.
b.    Dr. Zakir Naik. Kalau kalian suka belajar tentang kehidupan di Islam, ya mending nonton Ust. Khalid tapi kalau penasaran dengan agama lain, bisa cek ceramahnya Dr. Zair. Saya suka sekali karena hampir sama dengan Ust. Khalid, beliau tegas, selalu berpegang teguh dengan Al-Quran dan As-Sunnah, tidak banyak humor, sangat cerdas, pake logika dan contoh yang mudah kita bayangkan. Jujur, saya sekarang tahu bahwa memang Islam itu agama yang benar sejak menonton D. Zakir. Bukan berarti dulu tidak merasa seperti itu, tapi saya kan dari kecil Islam dan tinggal di lingkungan Islam, jadi ya sudah saya Islam, tidak pernah berpikir apakah agama ini benar. Terima kasih Dr. Zakir Naik. Saya juga sangat kagum dengan hafalan beliau terhadap semua scripture agama lain like beliau tahu bahwa Islamlah agama yang benar karena beliau menguasai agama-agama tersebut, tidak hanya Islam. Jadi tidak biased. Public lecture yang paling saya sukai adalah “Muhammad (PBUH) in the Various World Religion Scripture” dan debat “Was Jesus (PBUH) was crucified?” Ini adalah link channel beliau https://www.youtube.com/user/Drzakirchannel (Saya dengar tanggal 17 Mei kemarin, beliau ditanggap atas tuduhan terorisme dan pencucian otak while beliau hanya menyampaikan kebenaran. Jangan lupa kita doakan ya, karena beliau ini sudah memberikan banyak hidayah kepada kaum non-Muslim dan mengislamkan mereka. Tolong sekali, doakan beliau). Oh iya, saya memunyai pemikiran yang sama dengan beliau, ketika ada pertanyaan mengenai syiah, ahmadiyyah atau organisasi Islam yang lainnya, instead of menyalahkan atau membenarkan, beliau selalu bilang, "Saya Muslim", tidak ada embel-embel organisasi Islam seperti Ahmadiyyah atau yang lainnya. Sampai sekarang, saya juga tidak pernah melabel diri saya sebagai NU, Muhammadiyah, dll tapi Muslim itu saja cukup. 
c.    Talk Islam. Jadi Talk Islam ini berisi semacam poetry tentang Islam, terkadang juga video tanggapan terhadap orang-orang yang menjelek-jelekkan Islam. Setahu saya sih Steven Crowder bikin video the Quran Challenge yang isinya menjelek-jelekkan Nabi Muhammad SAW dan membandingkan dengan Nabi Isa a.s (Bukan seperti perbandingan, tapi lebih ke menjelek-jelekkan Nabi Muhammad dan meninggikan Nabi Isa a.s. Tolong kalau nemu video itu, langsung dislike aja). Dan direspon oleh Talk Islam dengan judul “Muhammad vs Jesus Christ” Sekarang mereka jarang aktif, jadi saya juga jarang cek. Ada juga beberapa cerita tentang musik, mualaf, orang Muslim di negara lain, dll. Yang paling favorit saya itu “Muslim vs Atheist (Jihad o Ignorance)”. Ini adalah link channelnya https://www.youtube.com/user/lebo2196
d.    Omar Suleiman. Sebenarnya saya juga baru tahu beliau, jadi belum banyak mendengar ceramahnya. Setelah lihat sekilas, cara beliau berceramah itu relax, lancar banget (seperti membaca jadi terkesan agak membosankan. Kalau Ust. Khalid dan Dr. Zakir itu ada intonasinya tapi kalau Omar menurut saya sih stabil aja) Tapi saya suka topik-topiknya, seperti Jebreel, the Story of Jerussalem, dll. Saya suka cara berpakain beliau yang mengkombinasikan antara pakaian arab (yang panjang, apa sih namanya) terus pakai jas. Jadi enak aja dilihat. Nah untuk Omar Suleiman ini, saya nggak tahu channel resminya yang mana soalnya saya download di berbagai sumber. Kebanyakan lewat Bayyinah Institute. Ini adalah link channelnya https://www.youtube.com/user/BayyinahInstitute Bisa cek Nouman Ali Khan juga di channel ini. Katanya sih beliau juga bagus cerahamnya, cuman saya belum nonton, baru Omar Suleimen.
e.     100 Tokoh Islam Pembawa Perubahan. Jadi channel ini mengsubtitle video (aslinya bahasa Arab cuman saya lupa, siapa aslinya yang membuat video ini). Channel ini rekomendasi dari Ust. Khalid dan pas nonton, ternyata bagus. Membuka wawasan jika ternyata umat muslim itu banyak loh yang jadi penemu, kita saja yang tidak tahu. Misal penemu Benua Amerika, pencipta pesawat, matematika, dll. Very recommended. Ini adalah link nya https://www.youtube.com/channel/UCTYbjpIZZoeHcmzaHF9R4sQ
f.      TEDx Talk yang berjudul “The Muslim on the Airplane” oleh Ammal Kassir. Mbak Ammal ini cantik banget, ceria, terus savage and I love it. Pembawaanya nggak ngebosenin dengan shade-shadenya. Saya nggak terlalu banyak nonton TED Talk, paling cuma beberapa pembicara dan topik yang saya anggap menarik. Talknya mbak Ammal ini dapat standing ovation loh. Jadi worthy banget untuk ditonton. Ini adalah link channelnya https://www.youtube.com/watch?v=UIAm1g_Vgn0
Udah itu saja, saya juga nggak terlalu banyak research karena saya itu kalau sudah nemu yang cocok, males cari yang lain. Jadi, rekomendasinya nggak banyak ;’)


You Might Also Like

0 komentar