AVENGERS END GAME, SINOPSIS, REAKSI, DAN OPINI

05.30




Satu kata ketika saya selesai melihat ini, “Why?”
Membutuhkan waktu untuk menerima kenyataan bahwa karakter favorit saya aka Iron Man aka Tony Stark harus meninggal di akhir film. Saya menangis, literally beberapa orang di bioskop juga, ketika scene Peter berlari menuju ke arah Tony dan berkata, “We won, Mr. Stark, we won.” Sesedih itu memang. Tony di awal film End Game selalu berkata, “I lost the kid”, yang semua penonton (yang sebelumnya sudah menonton Infinity War) tahu, kid di sini yang dimaksud adalah Peter Parker aka Spider Man. Dua tokoh ini memang tidak ada hubungan darah, tapi mereka sangat saling menyayangi karena Tony sudah menganggap Peter adalah putranya sendiri. Di awal film, the Avengers mendatangi rumah Tony dan meyakinkan cara untuk bisa melakukan time travel yang telah dijelaskan konsepnya oleh Scott Lang aka Ant Man. Namun Tony tidak setuju dan masih menganggap konsep tersebut susah untuk diterima dan dilakukan sampai akhirnya ia melihat foto dirinya dan Peter, yang kemudian Tony membuat suatu model untuk mewujudkan konsep time travel tersebut karena ia merindukan Peter.

Sinopsis :
Separuh populasi musnah (berubah menjadi debu) akibat dari snap yang dilakukan oleh Thanos di film Infinity War. The Avengers yang menjadi korban snap tersebut di antaranya adalah Dr. Strange, Spiderman, T’Challa (Black Phanter), Shuri, Vision (Vision meninggal karena snap atau gara gara dibunuh Thanos sebelum snap ya? Waktu Thanos mengambil Mind Stone di kepalanya Vision), Scarlett Witch, dan para GOTG (Guardians of the Galaxy : Groot, Mantis, Drax, dll). Dua hari setelah kekalahan tersebut, the Avengers yang tersisa (Captain America, Black Widow, Thor, Rocket, Hulk) dan Kapten Marvel mendatangi Thanos yang hidup menjadi petani. Di sana, Thanos kehilangan kekuatannyya dikarenakan akibat reaksi dari snap kedua yang ia lakukan (snap pertama untuk memusnahkan separuh populasi dan snap kedua untuk menghancurkan Infinity Stones agar tidak ada yang bisa mengembalikan setengah populasi tersebut).
Thor lalu membunuh Thanos dan the Avengers tidak ada ide lagi, atau dengan kata lain menyerah karena tidak ada yang bisa dilakukan lagi karena Infinity Stones sudah hancur. Lima tahun kemudian Scott Lang muncul (terbebas dari quantum realm gara gara ketidaksengajaan seekor tikus). Ia melihat bahwa dunia sudah berubah dan orang orang menghilang. Datanglah ia ke markas the Avengers dan menjelaskan konsep time travel yang ia alami. Akhirnya the Avengers (termasuk Tony, Nebula, Hawkeye) mau bergabung walaupun awalnya Tony sempat menolak. Sedih melihat keadaan Thor di film ini, ya dia menjadi kecanduan alkohol dan tubuh kekarnya membesar aka menjadi gendut karena depresi. Bagaimana tidak depresi? Dia kehilangan separuh rakyat Asgard, orang tua, kakak, adik, dan sahabat terbaiknya (Tonton di Thor Ragnarok dan Infinity War). Dewa pun bisa depresi rupanya. Mereka secara berkelompok kembali ke masa lalu untuk mengambil Infinity Stones. Steve, Tony, Scott mengambil Tesseract (Space Stones), Nebula & War Machine mengambil power stone (?), Black Widow dan Hawkeye mengambil soul stone (syarat untuk mengambil soul stone yaitu harus dengan nyawa orang yang disayangi. Hawkeye dan Black Widow bersaing untuk mengorbankan diri, tapi akhirnya Black Widowlah yang meninggal), Hulk mengambil time stone, Thor dan Rocket mengambil reality stone (?) Jujur saya tidak hafal untuk siapa yang megambil batu apa, mohon maaf jika ada yang terbalik. Mind stone siapa yang ambil ya? Duh lupa.
Konsep time travel di film ini berbeda dengan film film time travel lainnya di mana biasanya kalau kita kembali ke masa lalu dan “merubah” masa lalu tersebut, akan mengubah nasib kita di masa depan. Konsep time travel di sini, apapun yang dilakukan di masa lalu, tidak akan mengubah masa depan. Jika ada yang diubah di masa lalu, maka akan terbentuk timeline terbaru. Menurut saya ini sangat cerdas dan pasti ada sangkut pautnya untuk film MCU selanjutnya (I see you, MCU). Semua berhasil kembali membawa Infinity Stones masing masing kecuali Black Widow yang harus mengorbankan dirinya untuk mengambil soul stone. Dan tentunya Nebula masa lalu (Nebula jahat) yang berpura pura menjadi Nebula masa depan (Nebula baik). Finger snap untuk mengembalikan separuh populasi dilakukan oleh Hulk, dan berhasil. Sayangnya, Nebula masa lalu berhasil membuka portal untuk Thanos dan pasukannya dari masa lalu untuk masuk ke masa depan (timeline utama MCU), tentunya untuk mengambil Infinity Stones. Saat pasukan Thanos memasuki masa depan (timeline utama MCU), Cap kelihatan putus asa karena ia berpikir bahwa dengan pasukan Thanos sebanyak itu, pasti the Avengers akan kalah. Thanos sendiri saja sangat, sangat kuat. Namun tetiba Cap mendengar suara panggilan the Falcon, “Cap this is Sam. On your left” (Tonton Captain America : The Winter Soldier, scene awal Cap dan Sam) yang ternyata semua the Avengers yang menjadi debu telah hidup kembali. Merinding ketika Cap berkata, “Avengers, assemble”.  
Bertarunglah antara the Avengers vs Thanos dan pasukan. Btw, di sini Kapten Marvel juga datang (like WHERE HAVE YOU BEEN ALL THIS TIME, CAP???????) Thanos masih terlalu kuat, the Avengers dihajar habis habisan. Shieldnya Cap patah kena senjatanya Thanos. Captain America berhasil mengangkat Mjornir akhirnya hohoho, salah satu best scene di film ini pastinya. Penonton pada bersorak kegirangan ketika menonton adegan ini. The last chance, Tony berhasil memakai Infinity Gauntlet dan melakukan snap kedua yang memusnahkan Thanos dan pasukannya. HE DID IT, TONY STARK DID THAT. Tentu ada konsekuensiya, karena efek dari kedahsyatan Infinity Stones tersebut, tubuh Tony melemah dan tidak mampu bertahan.

WE WON, MR. STARK, WE WON, “ Peter to Tony
“YOU CAN REST NOW,” Pott to Tony
“IT’S A PROOF THAT TONY STARK HAS A HEART”
Me to Tony Stark. “I love you 3000” (Hanya penonton End Game yang mengerti maksud ini)

OPINI SAYA :
Dengan berat hati saya harus mengakui bahwa inilah ending yang tepat untuk End Game. Mengapa? MCU diawali dengan adanya Iron Man dan untuk megakhiri fase MCU ini harus ditutup oleh Iron Man juga. Walaupun sempat saya berpikir bahwa kapten Marvel lah yang akan berperan banyak dan mengalahkan Thanos. Secara dia adalah kapten Marvel, tapi ya entah apa perannya sesungguhnya, mungkin untuk MCU fase selanjutnya? Let’s see. Selain Iron Man, kita juga tidak akan melihat lagi Black Widow yang meninggal waktu mengambil soul stone (Apakah waktu Kapten Amerika mengembalikan soul stone, Black Widow bisa kembali hidup? Entahlah, tapi I guess not). Kita juga tidak akan melihat Kapten Amerika yang diperankan oleh Steve Roger, karena ia memilih untuk hidup normal ketika kembali ke masa lalu, dan memberikan peran tersebut ke Sam aka the Falcon.
Tidak hanya saya yang sangat kehilangan sosok Tony Stark, bahkan banyak juga orang yang merasa sangat sedih dan kehilangan sosok Iron Man ini. Mengapa? Iron Man adalah sosok yang menggambarkan “paling manusia” di antara tokoh the Avengers lain. Maksudnya? Berbeda dengan Hulk, Thor, Captain America yang diberi kekuatan secara fisik, Iron Man benar benar berasal dari manusia biasa, ia mempunyai kecerdasan super sehingga ia bisa menciptakan sosok Iron Man dalam baju besinya tersebut. Ia juga mempunyai sifat yang sama seperti manusia lain, seperti sombong, ceroboh, egois, dll dibanding the Avengers lainnya dimana mereka benar benar memiliki sifat heroik. Steve pernah berkata di film “the Avengers” tahun 2012 kalau Tony adalah sosok egois yang tidak mau berkorban untuk orang lain. Ya walaupun di akhir film, Tony hampir meninggal untuk menyelamatkan yang lain. Dan di film ini adalah benar benar pembuktian kalau ia bukanlah sosok yang egois. Dengan berakhirnya MCU fase 3 di film Spiderman Far from Home (I can’t wait, July please come faster), berdasarkan isu yang beredar akan ada multiverse akibat dari time travel yang dilakukan the avengers. Banyak teori mengenai timeline tersebut, termasuk teori saya yang berharap bahwa Tony masih hidup di timeline lain dan Loki juga masih hidup sepertinya. Anyway, ini akan sangat menarik karena pemimpin the avengers berikutnya mungkin adalah Kapten Marvel yang merupakan sosok perempuan. Dan the next Kapten Amerika adalah Sam yang merupakan orang berkulit hitam. A new era with a woman and black people as a leader of the avengers (?). I give 9 out of 10 (biasness detected but who cares?). Jika belum nonton, coba nonton trailernya dulu di sini.

"We won, Mr Stark, we won"

"I am Iron Man"




You Might Also Like

0 komentar