INGGRIS : NEGERI SEJUTA KHARISMA

19.51


“Apa yang Anda ketahui tentang Inggris?”
Saya akan menjawab, “Manchester United, Barclays Premier League, Abbey Road, the Beatles, Big Bang (eh salah, Big Ben maksudnya), Oxford University, London’s Eye, King’s Cross Station, dan masih banyak lagi.”
Jika Anda menanyakan pertanyaan itu 10 tahun yang lalu……
Saya akan menjawab dengan tegas dan lantang, “Manchester United.
Iya, saya adalah penggemar berat dari klub berjuluk setan merah ini. Oleh karena itu, pergi ke Old Trafford adalah hal yang paling saya inginkan (dan haji pastinya). Old Trafford sendiri adalah stadion RESMI milik Manchester United. Stadion yang terletak di Sir Matt Busby Way ini mempunyai kapasitas penonton sebesar 76212. 

“Memang ada apa saja di Old Trafford?“
Yang pasti ada pemainnya. Selain itu, saya bisa menikmati tur di dalam stadion. Nah, bagi yang ingin membeli jersey asli pemain United, yuk mampir ke Megastore. Megastore adalah toko merchandise resmi milik klub berjuluk The Red Devils ini. Saya tidak mau ketinggalan untuk memborong jersey dan pernak-pernik United. Beli jersey sudah, lanjut ke museum sejarah United. Di sini, saya bisa mengetahui prestasi-prestasi setan merah. Tak hanya itu, saya juga bisa puas melihat foto-foto pemain United yang mendunia, seperti Cristiano Ronaldo, Paul Scholes, Wayne Rooney, Robin Van Persie, dan masih banyak lagi. Jika mau foto sama throphynya bisa juga lho, tapi lewat kaca saja ya. Tidak mau digeret sama satpamnya Old Trafford, Kan? Beli jersey sudah, keliling museum sudah. Lapar? Yuk mampir ke red café. Di café ini saya  bisa memilih tempat duduk dengan nama pemain United favorit  saya, siapa lagi kalau bukan si ganteng sekaligus pemilik nomor punggung 16, Michael Carrick. Mungkin yang paling seru adalah tur melewati tunnel (lorong ketika pemain akan bermain). Saat melewati tunnel ini terdengar suara-suara khas saat pertandingan dimulai. So, saya bisa merasakan bagaimana feelingnya para pemain ketika mau bertanding. Begitu sih katanya. Haduh cerita Old Trafford seperti ini, jadi kebelet ke sana. 
Megahnya Old Trafford
  “Inggris itu mengenai Manchester United. Benar tidak??“
TIDAK. Selain Manchester United, klub sepak bola lain dari Inggris adalah Arsenal, Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, Everton, dan lain-lain. Untuk Anda penggemar Barclays Premier League, bisa tuh cari info tentang betapa kerennya stadion milik klub kesayangan Anda. 

“Apakah Inggris hanya sebatas sepak bola?“
TIDAK juga. Walaupun kebanyakan orang tahu Inggris gegara sepak bola, banyak orang juga yang mengagumi negara Ratu Elizabeth ini karena kharismanya. Kharisma?????? Ibarat orang jika memiliki kharisma, ia pasti memancarkan pesonanya. Sedangkan, orang yang mempunyai pesona belum tentu berkharisma. Begitupu dengan Inggris. Negara ini dengan segala kharismanya telah menghinotis orang-orang untuk datang. Termasuk saya.  

“Memang, kharisma apa sih yang dimiliki Inggris?“
Nih….Catet ya….Kharisma yang membuat saya kebelet ke negaranya Pangeran Harry ini:
1.     Bahasa. Semua orang pasti tahu jika bahasa internasional yang digunakan orang-orang di dunia adalah Bahasa Inggris. Saya sih ingin menguji seberapa jauh kemampuan Bahasa Inggris yang saya miliki. Selama ini tidak ada masalah di teori, tapi bagaimana dengan praktiknya? Apalagi dengan orang-orang Inggris asli. Apakah saya bisa berkomunikasi dengan British accent mereka? Tidak kebayang, betapa saya harus dua kali berpikir untuk mengerti apa yang mereka bicarakan. Walaupun akan terlihat agak lemot (lemah otak) setidaknya saya bisa secara langsung berkomunikasi dengan penduduk asli negara pemilik bahasa internasional ini.
2.      Potterhead. Bagi penggila novel karangan tante J.K Rowling ini, pasti tahu dong tentang Harry Potter. Nah salah satu tempat syuting film ini adalah di Oxford University. Selain sebagai tujuan utama para pelajar ber-IQ super, lokasi ini juga menjadi tujuan utama bagi fans Harry Potter. Saya bisa merasakan nuansa sihir di tempat ini. Salah satu ruang yang digunakan adalah The Great Hall yang terletak di bangunan Christ Church Cathedral. Jika Anda membaca rangkaian novel karangan J.K. Rowling itu, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Ya, ruang makan yang besar di dalam gedung kampus ini adalah inspirasi untuk The Great Hall di Hogwarts. Ruang makan ajaib ini memiliki langit-langit hampir tembus pandang untuk menikmati cuaca di luar, dilengkapi dengan empat meja panjang yang mewakili masing-masing rumah di Hogwarts. Mungkin seperti ruang makan di sekolah sihir itu. The Great Hall hanya dibuka pada jam-jam tertentu sesuai waktu yang tidak dipakai untuk makan ataupun menikmati afternoon tea, agar pengunjung bisa mengunjunginya tanpa mengganggu aktivitas di dalamnya. Selain di Oxford University, tempat syuting Harry Potter lain adalah di King’s Cross Station tepatnya di platform 9 ¾. Saya bisa mencoba meniru adegan di sana dengan mendorong trolley. I feel like being Harmonie.
Yuk ke Hogwarts
The Great Hall
 3.   Music. Jika Anda pecinta musik, tidak mungkin tidak tahu tentang the Beatles, Kan? Yuk kita mengintip The Beatles Museum di Albert Dock. Di sini, saya bisa mengetahui sejarah dari band legendaris asal kota Liverpool ini. Tidak hanya itu, saya bisa mengetahui riwayat hidup dari masing-masing personel lho. Setelah puas melihat-lihat kisah The Beatles, sekarang saya bisa mampir ke Fab4store. Toko ini terletak tepat di belakang museum. Isinya, segala suvenir tentang The Beatles berupa kaus, gelas, tas, serta pernik lainnya. Oh iya, Inggris juga mempunyai band-band (selain the Beatles) yang bagus lho, ada The Rolling Stones, Iron Maiden, Oasis, Coldplay, dan lain-lain. Sekarang yang lagi booming adalah boyband Inggris-Irlandia yaitu One Direction. Nah para Directioners, bisa tuh pergi ke O2 Arena di London, karena musisi-musisi terkenal sering menggelar konser di sana.
The Beatles Museum
4.      Kerajaan. Nih yang ingin melihat pengawal Inggris berpakaian merah dan bertopi panjang, seperti di filmnya Mr. Bean, yuk langsung mampir ke Buckingham Palace. Tapi ingat ya jangan sampai masuk istananya, tidak mau diseret pengawalnya, Kan? Cukup foto-foto di luar istana saja ya. Layaknya istana di negeri dongeng, begitupun di Buckingham Palace. Kediaman keluarga kerajaan ini menyuguhkan nuansa yang mirip seperti istana di negeri-negeri dongeng. Jika sudah puas berfoto di gerbang istana, saya mau berfoto di air mancur the Victoria Memorial. Air mancur ini dibuat pada tahun 1911 oleh pemahat Sir Thomas Brock.
Seperti di Negeri Dongeng, Kan?
 5.      Destinasi wisata. Destinasi wisata di Inggris ada banyak sekali. Ada London Eye, Big Ben, Abbey Road, dan lain-lain. Bagi Anda yang ingin tahu versi barat dari jam gadang, yuk mampir ke Big Ben. Big Ben sebenarnya adalah nama dari boyband Korea. Hehehe, Big Bang dong. Big Ben itu sebenarnya nama kecil dari lonceng yang terletak di dalamnya (dulunya adalah Great Bell). Menara jam terbesar kedua di dunia ini juga terlihat seperti bangunan di negeri dongeng, yang biasanya di Disney. Siapa yang tidak ingin pergi ke sana?????? Selain itu, saya ingin melihat kota London secara keseluruhan, makanya mampir ke London Eye adalah suatu kewajiban. Bianglala yang besar ini akan membawa saya melihat London, bahkan Inggris secara keseluruhan. Nah bayangin saja, saya naik ke London Eye di malam hari. Can you imagine that? Betapa indahnya negara Inggris ini. Yah, cerita ini membuat saya jadi kebelet ke Inggris….
London Eye

Big Bang, eh Big Ben Maksudnya
6.    Tidak afdol ya berkunjung ke negeri orang tanpa mencicipi makanan khasnya. Apa sih yang terkenal dari Inggris? Fish and chips dong. Makanan ini terbuat dari ikan dan kentang lalu dilapisi tepung. Kata om Google sih makanan ini akan membuat lidah bergoyang. Rasa ikan dan kentang yang gurih ini akan membuat siapapun mengakui kelezatan fish and chips. Apalagi nih ya jika disajikan dengan saus tar-tar. Selain fish and chips, ada juga muffin dan Yorkshire pudding. Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar, dan tipis. Bahan dasarnya adalah roti yang diberi ragi. Cara makannya juga unik lho, saya harus menyobeknya dulu dan diberi olesan mentega lalu dipanggang. Ok, cukup ya tentang muffinnya. Sekarang ayo membahas Yorkshire pudding. Yorkshire pudding adalah makanan khas daerah Yorkshire yang pada umumnya disantap pada acara acara Sunday Lunch. Pudding ini berbeda dari pudding pada umumnya. Jika biasanya pudding identik dengan kue yang manis, Yorkshire pudding ini menggunakan toping daging dan sayuran. Unik, Kan?
Fish and Chips

Yorkshire Pudding
Itu adalah kharisma-kharisma yang ditawarkan oleh negara Inggris, yang membuat saya benar-benar kebelet ke sana. Inggris dengan segala kharismanya (intip musik video One Direction yang berjudul One Thing) bagaikan magnet yang mampu menarik benda-benda di sekitarnya. Tidak hanya sebuah magnet biasa, tapi magnet yang ada di Bermuda Triangle yang mempunyai kekuatan magnet super sehingga mampu menarik benda-benda dengan radius beribu-ribu kilometer. So, sepertinya teman-teman sudah tahu mengapa saya (dan banyak orang) ingin sekali mendarat ke Inggris, Kan?
Tulisan ini diikutsertakan pada lomba #InggrisGratis oleh @MisterPotato_ID
Sumber Gambar: Googlei dan Mister Potato

You Might Also Like

1 komentar