PERPADUAN APIK ANTARA KEINDAHAN DAN TEKNOLOGI, PURESHOT DAN PURESHOT PLUS DARI HISENSE UNTUK PECINTA SMARTPHONE DI INDONESIA

20.06

Ada kabar gembira untuk pecinta smartphone besutan Hisense. Kali ini, Hisense dan Smartfren membuat smartphone yang lebih canggih, dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih menarik, dan tentunya tanpa ada embel-embel dari seri Andromax, yaitu Pureshot dan Pureshot Plus. Hisense adalah perusahaan elektronik asal Cina yang memproduksi smart TV, Radio, Air Conditioner, Smartphone, dan barang-barang elektronik lainnya. Hisense menjadi mitra kerja Smartfren dalam memproduksi hampir sebagian besar seri Andromax yang telah diluncurkan dua tahun silam. Tahun 2015 melalui pasar terbuka Indonesia, Hisense menghadirkan smartphone canggih dengan teknologi terbarunya 4G LTE. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan dan spesifikasi yang dimiliki oleh Pureshot maupun Pureshot Plus:

PERBEDAAN PURESHOT DAN PURESHOT PLUS
Perbedaan antara kedua smartphone ini terletak di sisi kapasitas baterai, ukuran layar, dimensi, dan harga. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini:

Tabel Perbedaan antara Pureshot dan Pureshot Plus
Spesifikasi
Pureshot
Pureshot Plus
Dimensi
140 x 70 x 8,3 mm / 130 gr
 151 x 75 x 8,3 mm / 152 gr
Layar
5,0 Inci
5,5 Inci
Kapasitas Baterai
Li-Ion 2200 mAH
Li-Ion 2500 mAH
Harga
Rp 2.699.000,00
Rp 3.100.000,00







TAMPILAN FISIK
Gambar Tampilan Fisik Pureshot
Sumber: Website Hisense Indonesia
Pureshot memiliki dimensi 140 x 70 x 8,3 mm dengan layar sebesar 5 inci, HD 1280 x 720 piksel. Sementara Hisense Pureshot Plus memiliki ukuran layar dan dimensi yang lebih besar yaitu 151 x 75 x 8,3 mm dengan layar sebesar 5,5 inci HD 1280 x 720 piksel. Keduanya menggunakan teknologi LCD IPS (In Plane Switching) yang mampu menghasilkan kejernihan layar yang baik. Bisa dilihat pada gambar atas bahwa di bawah panel layar terdapat tiga tombol sentuh yaitu Recent App, Home, dan Back. Sedangkan di bagian atas layar, terdapat earpiece dan kamera depan 5 MP di kanan dan diikuti oleh LED flash serta sensor. Di sudut kiri atas bagian belakang bodi, terdapat kamera belakang sebesar 13 MP dan dual LED flash. Di bagian bawah bodi sisi belakang, terdapat port microUSB. Di samping kanan bodi, terdapat tombol volume dan power. Sementara itu, di bagian atas sebelah kiri terdapat port audio 3,5 mm.

DESAIN ELEGAN
Gambar Desain Elegan dari Pureshot
Sumber: Website Hisense Indonesia
Secara fisik, Pureshot dirancang dengan kedua sisi sudut melengkung 2,5D glass screen pada tepian layar, flat body, dan sisi bodi yang diproteksi oleh bezel logam yang solid. Desain flat dengan layar cukup besar ini dipadukan dengan pilihan warna yang  ekspresif, membuat pureshot dan Pureshot plus terlihat begitu elegan dan classy. Pihak Hisense juga memperhatikan sektor kenyamanan saat penggunaan, yaitu dengan cara membuat casing belakang dari plastik sehingga tak perlu khawatir jatuh karena licin. Tak hanya itu, layar smartphone ini juga dilindungi oleh Gorilla Glass 3 dari Corning yang tahan akan benturan maupun goresan.

KAMERA JERNIH 
Gambar Perbandingan Hasil Foto antara Pureshot/Pureshot Plus dengan Smartphone Lain
Sumber: Website Hisense Indonesia
Bagi yang suka selfie, Pureshot dan Pureshot Plus harus dipertimbangkan karena smartphone ini menggunakan kamera belakang sebesar 13 MP dengan dual LED flash dan kamera depan sebesar 5 MP dengan LED flash yang dijamin hasilnya sangat jernih, tajam, dan natural di dalam ruangan (indoor) maupun outdoor karena smartphone ini menggunakan f2.0 big aperture yang menangkap lebih banyak cahaya untuk mencapai sensor. Selain itu, smartpone ini dapat mengurangi noise yang muncul ketika sedang berfoto sehingga hasilnya lebih detail. Kamera dalam pureshot dan Pureshot plus dilengkapi dengan fitur-fitur seperti autofocus (sistem pada kamera di mana ketepatan fokusnya dapat ditentukan), geo tagging (fitur pada kamera saat mengambil objek foto/gambar untuk mengetahui letak posisi maupun waktu saat foto diambil), touch focus, face detection (Untuk mendekteki wajah saat akan difoto serta koordinat wajah dijadikan sebagai fokus utama kamera), panorama, dan High Dinamic Range (menghasilkan hasil foto yang detail dan pencahayaan yang lebih merata). Bisa diihat pada gambar di atas, perbandingan hasil foto antara Pureshot dan Pureshot Plus dengan smartphone lain.

INTERFACE YANG ATRAKTIF DAN KOMUNIKATIF
Di sektor interface, kedua smartphone menampilkan ikon atraktif berukuran cukup besar dengan tampilan grid empat baris. Menyediakan pilihan edit launcher untuk memudahkan user dalam mengutak-atik widget, wallpaper, hingga effect. Untuk area Home dan Lockscreen, user bisa mengeditnya menjadi terpisah atau terpadu, sesuai keinginan. Ada juga fitur motion, misalnya Double Tape to Wake yang fungsinya menyalakan kembali layar smartphone dengan cara double tap ke layar, tidak perlu memencet tombol power. User juga bisa melakukan berbagai aksi seperti menggeser gambar yang bisa dilakukan dengan hanya melakukan gerakan tangan ke sensor depan layar. Selain itu, Hisense juga merilis interface yang mereka kembangkan sendiri, disebut Vision UI. Visison UI menyuguhkan koleksi widget custom seperti Traffic, WPS Office yang berfungsi untuk membuat membaca, dan mengedit dokumen secara gratis, hingga widget bawaan Android. Aplikasi-aplikasi lain seperti Payboard, Touchpal, dan Firewall juga tersedia. Selain itu, terdapat sekitar 14 effects yang bisa dipilih dalam beragam pola. Hal yang lebih menarik, user bisa membuat folder sendiri untuk mengumpulkan aplikasi tertentu.

KONEKTIVITAS SEMUA JARINGAN
Ini salah satu keunggulan dari Pureshot dan Pureshot Plus, yaitu penggunaan dual SIM (GSM dan CDMA) yang mampu digunakan di semua jaringan operator, baik 4G LTE, 3G (WDCMA, CDMA) dan GSM.  Artinya semua jaringan milik operator di Indonesia kompatibel dengan kedua smartphone ini. Kedua smartphone ini juga dilengkapi oleh Bluetooth v4.1, GPS (A-GPS, GLONASS, Beidou), port microUSB, dan wifi 802.11. Sebagai media penyimpanan data, tersedia memori internal berkapasitas 16 GB. Apabila merasa kurang, bisa diperluas sampai 128 GB menggunakan chip microSD.

PERFORMANSI YANG GAHAR
Pureshot dan Pureshot Plus menggunakan perpaduan processor Quacomm Snapdragon 415 yang didalamnya tersimpan delapan inti processor berkecepatan Octa Core 1,5 GHz Cortex-A53. Keandalan prosesor ini menjadikan kinerja smartphone semakin cepat. Processor generasi baru ini merupakan prossor Octa Core murni, yang artinya tidak dibagi dalam dual cluster layaknya Snapdragon 615. Tak hanya itu, kedua smartphone ini juga menggunakan GPU Adreno 405 dan memori RAM sebesar 2 GB LPDDR3. Untuk sistem operasi, Pureshot dan Pureshot Plus menggunakan Android 5.0.2 Lollipop.

FITUR – FITUR LAINNYA
Gambar Baterai Removable Battery
Sumber: Website Hisense Indonesia
Seperti smartphone pada umumnya, Pureshot dan Pureshot Plus menyediakan fitur seperti pemutar musik, layer video, dan radio FM. Terdapat juga Dual Silicon Microphone yang menghasilkan suara terbaik dan noise reduce sehingga membuat suara saat menelpon lebih jelas. Untuk baterai, Pureshot menggunakan baterai dengan kapasitas 2200 mAH sementara Pureshot Plus 2500 mAH yang removable, yaitu bisa dicopot dan dipasang. Untuk pecinta film, smartphone ini menyediakan kemampuan MiraCast di mana layar bisa dipancarkan ke TV LED sehingga user bisa lebih jelas menonton film di layar yang lebih luas. Bagi yang suka mendengarkan musik, tersedia Dolby Digital Plus yang menghasilkan suara lebih jernih sehingga membuat kegiatan bermusik kita semakin asyik.

HARGA YANG REASONABLE
Pureshot dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.699.000,00 sedangkan Pureshot Plus Rp 3.199.000,00. Menurut saya, harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang diberikan.

KELAMAHAN PURESHOT DAN PURESHOT PLUS
Setiap teknologi yang dibuat, apapun bentuknya pasti mempunyai kelemahan. Begitupun dengan smartphone besutan Hisense ini. Resolusi layar yang digunakan masih sebatas HD (High Definition) padahal jika mengacu pada harga, idealnya resolusi yang digunakan sudah FHD (Full High Definition). Selain itu, smartpone ini tidak didukung dengan baterai yang cukup kuat, hanya 2200 mAH untuk Pureshot dan 2500 mAH untuk Pureshot Plus.  

KESIMPULAN
Dengan harga yang ditawarkan sekitar 2,7 juta untuk Pureshot dan 3,2 juta untuk Pureshot Plus fasilitas yang diberikan sudah cukup sesuai. Dimulai dari kemampuan SIM Hybrid (Dual SIM GSM dan CDMA) sampai dengan hasil kamera yang jernih. Walaupun terdapat kekurangan namun kekurangan tesebut tak begitu mempengaruhi performa utama dari smartphone dan bisa ditutupi dengan fitur-fitur lain. Misalnya layar yang masih sekelas HD bisa ditutupi dengan display bertipe 2.5D-nya. Hisense berhasil memadukan antara desain estetika dan kecanggihan teknologi yang membuat Pureshot maupun Pureshot Plus terlihat elegan dengan performa yang bagus.  

Untuk lebih jelasnya, berikut ringkasan singkat dari fitur-fitur yang ada di Pureshot dan Pureshot Plus:
 Tabel Spesifikasi Pureshot dan Pureshot Plus 
Spesifikasi
Pureshot
Pureshot Plus
Dimensi
140 x 70 x 8,3 mm / 130 gr
 151 x 75 x 8,3 / 152 gr
Layar
IPS LCD 5,0 Inci 720 x 1280 piksel (-294 ppi pixel density)
IPS LCD 5,5 Inci 720 x 1280 piksel (267 ppi pixel density)
Kapasitas Baterai
Li-Ion 2200 mAH
Li-Ion 2500 mAH
Harga
Rp 2.699.000,00
Rp 3.100.000,00
Memori
16 GB (microSD sampai 128 GB)
Kapasitas RAM
2 GB
Sistem Operasi
Android Lollipop 5.0.2
Processor
Qualcomm Snapdragon 415, Octa Core 1,4 GH Cortex A53
GPU
Adreno 405
Konektivitas
Wifi 802.11 a/b/g/n/ac dual band, Bluetooth v4.1, microUSB v2.0
Kamera Belakang
13 MP, Dual LED Flash, Autofocus
Kamera Depan
5 MP, LED Flash

Apabila kurang jelas, Anda bisa langsung mengunjungi website Hisense Indonesia. Selamat berbelanja.

Tulisan ini diikutsertakan pada Writing and Photo Competition 2015 oleh Hisense Indonesia. 

You Might Also Like

0 komentar