Wake Me Up When The Ospek End

05.47


 Tulisan ini dibuat oleh teman saya, Chintya Adelina. Tulisannya lucu dan cukup membuat ngakak. That's a fact.

          Terinspirasi dari judul sebuah lagu,gue akhirnya bikin cerita tentang ospek yang (menurut gue) lumayan mematikan. Pertama kali gue denger kalo gue keterima di salah satu PTN di Indonesia itu rasanya kayak mati dalam pelukan artis idola,seneeeng banget (kenapa harus mati?entahlah). Tapi semenjak negara api menyerang, perasaan seneng gue langsung ilang dan berganti sama yg namanya penyakit ‘Syndrome Ospekus Ogahius’. Penyakit yg ditemukan semenjak ospek ada di Indonesia ini menyerang gue secara tiba-tiba tanpa ‘kulonuwun’ dulu. Gejala awal penyakit mematikan buat mahasiswa baru(maba) ini antara lain sering pusing kalo liat daftar tugas ospek yg mesti dikerjain kalo gak mau dimarahin senior,sering ngigau gara-gara mimpi disuruh jalan jongkok keliling kampus sama senior(dalam kasus lebih parah bisa  sampe jalan jongkok keluar kamar),sering keluar keringat dingin dan mual yg tiba-tiba saat papasan ama senior dikampus. Buat gejala yg terakhir ini ada beberapa kasus yg disertai dengan mimisan,kejang,pingsan bahkan gangguan jiwa akut. Jadi,buat maba harus waspada ya sama gejala-gejala tadi. Kalo sampe ngalamin itu,segera periksakan diri ke dukun anak terdekat.
            Balik lagi ke masalah ospek. Apa sih ospek itu & apa manfaatnya buat kita,para maba unyu tak berdosa yg siap jadi santapan senior tiap hari & tiap waktu? Menurut om Google,ospek adalah program pengenalan kampus buat maba agar maba tau gimana sebenernya kehidupan kampus & gimana adaptasi di lingkungan & sistem yg baru. Dijelasin juga nih baik atau nggaknya kepribadian maba ntar juga tergantung gimana sistem ospek yg berjalan. Ospek keras bisa jadi menghasilkan jiwa tangguh atau bisa sebaliknya jiwa tertekan bahkan jiwa pemberontak,begitu juga dengan ospek yg nyuruh kita bawa barang aneh-aneh ke kampus. Yang bawa tas dari kardus,pake sepatu yg dibungkus kresek atau bahkan harus pake aksesoris yg rada lumayan ribet buat nyarinya. Maksudnya apaaa coba? Toh ntar kalo kita sidang skripsi atau nglamar kerja gak mungkin kan pake bawa-bawa tas kardus sama sepatu berlapiskan kresek? Yang ada kita bakal diusir & mungkin ditolak mentah-mentah kalo ngajuin lamaran atau skripsi lagi. Tuhan,tolong beri kelapangan otak & jiwa buat penggagas awal sistem ospek yg kayak gitu,ampuni dosa mereka karena bisa dipastikan sudah ada jutaan maba yg misuh & melaknat mereka(amiiin).
            Well,meski banyak kecaman yg beterbangan tentang sistem ospek di Indonesia yg lebih mengarah ke perploncoan daripada mendidik,ada juga kok beberapa hikmah yg bisa diambil dari tragedi ini. Berkurangnya populasi jomblo,peningkatan kreatifitas dalam modus ke junior atau ke senior,dan peningkatan uang pesangon dari ortu adalah beberapa manfaat yg sangat terasa manis bahkan lebih manis daripada cake bikinan tante Farah Quinn. Populasi senior jomblo dapat dipastikan berkurang tiap tahunnya dikarenakan adanya peningkatannya populasi maba unyu yg tiba,kesimpulan ini berdasarkan grafik & rumus yg telah dipatenkan di Lembaga Riset Jomblo Nasional. Tahun ajaran baru adalah musim panen yg pas buat para jombloers senior di kampus. Senior dalam hal perjombloan biasanya memiliki berbagai cara buat modus ke junior. Dari hal-hal yg wajar (kayak nawarin bantuan saat ada tugas,nawarin tebengan saat pulang,nawarin duit pas gak ada duit receh) sampe ke hal yg paling ekstrim (langsung nawarin pergi ke penghulu saat itu juga). Kekreatifan bener-bener diuji saat masa panen maba ini. Semakin kreatif semakin besar kemungkinan status jomblo kesepian di KTM segera berganti jadi jomblo korban php (eh,apa bedanya?). Tapi tenang semua ya. Semua tetep balik ke faktor face kok. Jadi,sekuat & sekreatif apapun kamu dalam ngemodusin maba tapi tampang kamu kayak bemo abis nabrak becak trus dilindes kereta & akhirnya berakhir ditempat rongsokan,kamu bakal menyandang status Forever Alone (kalem).

You Might Also Like

0 komentar